GALERI PUROBOYO

Rabu, 26 Desember 2018

WAKIL BUPATI MADIUN MENCANANGKAN KAMPUNG KELUARGA BERENCANA


NASKAH RADIO
No.027/PUROBOYO/LPT/134/XII/2018
  
WAKIL BUPATI MADIUN MENCANANGKAN KAMPUNG
KELUARGA BERENCANA 

Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto berkenan mencanangkan Kampung KB se-Kabupaten Madiun di Pendopo Ronggo Djoemeno Kab. Madiun. Kamis, 20 Desember 2018.
Hadir pada kesempatan ini anggota Forkopimda, Ketua DPRD dan Sekda Kab. Madiun, Plh. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim, Kepala Badan PPKB dan PA Kota Madiun, Magetan, Ngawi dan Ponorogo, Kepala OPD Kab. Madiun, TP PKK Kab. Madiun, anggota Muspika se-Kabupaten Madiun, Kepala Kementrian Agama Kab. Madiun, Kepala Desa Kampung KB, Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Cabang Kab. Madiun, TP PKK Kecamatan se Kab. Madiun, Koordinator Penyuluh KB, Penyuluh KKBPK dan PPKBD se-Kab. Madiun, tokoh agama, tokoh masyarakat, mitra kerja Dinas PPKB, PPPA dan Pokja Kampung KB se-Kab. Madiun.
Bupati Madiun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto antara lain mengatakan bahwa Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) merupakan program pemerintah dalam rangka mewujudkan penduduk yang tumbuh seimbang guna tercapainya masyarakat yang bahagia, sejahtera dan berkualitas. Manfaat program KKBPK dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada di wilayah desa yang padat penduduk, tertinggal, terpencil dan keluarga yang kurang mampu di tanah air, maka lahirlah kampung KB.
Kampung KB adalah salah satu program unggulan dalam mewujudkan nawacita 2015-2019, yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran/desa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa. Adapun tujuan dari Kampung KB itu sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program KKBPK serta pembangungan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
Kampung KB di Kabupaten Madiun disinergikan dengan kampung ramah anak, yang ditandai dengan adanya kelompok kegiatan yaitu poktan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Hal ini untuk mendorong lahirnya kelembagaan yang responsif anak di tingkat desa guna mendukung terwujudnya Kabupaten Madiun layak anak. Yang saat ini akan dicanangkan Kampung KB sebanyak 15 Desa di 15 Kecamatan.
            Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati Madiun berharap dengan dicanangkannya Kampung KB tersebut ke depan akan ada kolaborasi Kampung KB dengan program kementrian yang ada di desa seperti desa sehat, desa siaga, desa tanggap bencana, desa wisata dan lain sebagainya. ( An )