NASKAH RADIO
No.027/PUROBOYO/LPT/127/XI/2018
PEMBUKAAN
BIMTEK ETIKA KOMUNIKASI KEDINASAN
Staf
Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, DR. Suhardi, M.M, berkenan membuka
Bimbingan Teknis Etika Komunikasi Kedinasan Pemerintah Kabupaten Madiun Tahun
2018 di Ruang Gallery, Pendopo Ronggo Djoemeno. Selasa, 27 November 2018.
Dihadiri
oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Asisten Administrasi Umum
Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Asisten Administrasi Perekonomian dan
Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Madiun, Kepala OPD, Narasumber, Kabag
Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Madiun selaku penyelenggara,
serta para peserta bimtek.
Dalam
sambutan tertulis Wakil Bupati Madiun yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang
Pemerintahan Hukum dan Politik, DR. Suhardi, M.M, menyampaikan bahwa Bimbingan
Teknis Etika Komunikasi Kedinasan Pemerintah Kabupaten Madiun Tahun 2018
dilaksanakan untuk kedua kalinya oleh bagian humas dan protokol sekretariat
daerah Kabupaten Madiun, ini dimaksud agar para pegawai negeri sipil di lingkup
pemerintah Kabupaten Madiun mendapatkan pengetahuan teknik berkomunikasi yang
baik secara kedinasan dalam melaksanakan koordinasi antar atasan, bawahan,
rekan kerja, antar lembaga serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dan
media massa. Selain itu peserta bimtek dapat mempelajari pemahaman konsep diri
yang tepat, sehingga dapat meningkatkan kualitas diri baik berupa etika
komunikasi yang baik, cara bersosialisasi yang tepat, dan pemahaman tentang
etika berbusana dan penampilan yang sesuai.
Secara
garis besar etika dalam berkomunikasi dapat dijabarkan antara lain, kesantunan
bahasa, ramah, sopan, menggunankan panggilan atau sebutan orang dengan baik,
tidak mudah emosi, berinisiatif untuk membuka dialog, pola pikir yang sesuai
dan wawasan yang luas, bertingkah laku yang baik dan perilaku simpatik,
berbusana serta berpenampilan sesuai aturan yang ada. Saat ini masyarakat yang
semakin kritis, diperlukan aparatur sipil negara yang lebih menyadari posisi
dan perannya dalam memberikan pelayanan, serta mampu melayani dengan lebih
profesional, efektif, efisien, sederhana dan transparan. Dengan berkomunikasi
menggunakan etika komunikasi yang baik akan tercapai pelayanan yang baik, tepat
dan benar. (Angel )