GALERI PUROBOYO

Rabu, 04 Maret 2020

Batik Demung Gunungsari Warnai HUT Dekranas


NASKAH RADIO
No.028/PUROBOYO/LPT/009/III/2020

Batik Demung Gunungsari Warnai HUT Dekranas


Dalam rangka HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-40, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan PT. Debindo Mitra Tama menggelar Pameran Kriya Dekranasda Tahun 2020 di Grand City Surabaya pada tanggal 4 sampai 8 Maret.
Pelaksanaan Dekranas difokuskan pada produk kerajinan tangan atau kriya seperti kerajinan batik, bordir dan aksesoris. Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak, saat membuka pameran mengatakan bahwa pameran kriya merupakan pembinaan dari hulu ke hilir Dekranasda Jawa Timur untuk promosi. Promosi bisa dilakukan berbagai cara, yakni melalui media online, digital promosi, dan pameran konvensional seperti pameran kriya. Didukung dengan fasilitas pelatihan yang lengkap dan potensi geografis yang strategis, sehingga tidak ada kesulitan menggunakan teknologi baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Dengan demikian peluang memperoleh pembelipun juga besar.
Pada kesempatan ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Madiun, Penta Lianawati Ahmad Dawami, mengikuti fashion show dengan memamerkan Batik Khas Kampung Pesilat. Batik tersebut dibuat oleh pengrajin Batik Demung asal Desa Bangunsari Kecamatan Madiun. Penta mengatakan bahwa Dekranasda Kabupaten Madiun selalu mendukung produk-produk kerajinan di Kabupaten Madiun. Beliau juga menambahkan membawa produk-produk tersebut di setiap event pameran, juga memberikan bimbingan dan pelatihan agar bersemangat dan selalu berinovasi, berkembang, dan akhirnya mandiri. ( Humas kab )